LABORATORIUM TEKNOLOGI BAHAN KONSTRUKSI

Pelatihan oleh Trainer JVI, Co.Ltd.
Pelatihan oleh Trainer JVI, Co.Ltd.

press to zoom
Pelatihan Penggunaan UTM
Pelatihan Penggunaan UTM

press to zoom

press to zoom
Pelatihan oleh Trainer JVI, Co.Ltd.
Pelatihan oleh Trainer JVI, Co.Ltd.

press to zoom
1/10

Laboratorium Teknologi Bahan Konstruksi pada Program Studi Teknik Sipil merupakan salah satu laboratorium untuk menunjang kegiatan praktikum khususnya untuk menjalankan tes-tes karakteristik dari material, seperti material beton, baja, kayu, bambu, dan material konstruksi lainnya. Laboratorium ini tidak hanya diperuntukkan untuk praktikum semata akan tetapi mahasiswa maupun dosen dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk kegiatan penelitian, baik dalam menyusun tugas akhir ataupun untuk menyusun suatu karya ilmiah untuk dipublikasikan. Laboratorium ini juga difungsikan untuk kerjasama dengan perusahaan-perusahaan swasta / instansi lainnya yang ingin menguji karakteristik dari sampel yang diperoleh di lapangan.

Adapun beberapa peralatan utama pada laboratorium teknologi bahan konstruksi, antara lain:

1. Universal Testing Machine (UTM)

Mesin UTM EDIT.png

Universal Testing Machine (UTM) merupakan salah satu alat yang baru diadakan oleh Program Studi untuk menunjang praktikum teknologi bahan konstruksi. Alat ini mempunyai berbagai macam fungsi untuk mendapatkan karakteristik mekanik dari material. Pengujian yang dapat dilakukan oleh alat ini, antara lain:

1. Pengujian kuat tarik 

2. Pengujian kuat tekan

3. Pengujian kuat lentur

4. Pengujian kuat geser

Alat ini berbasis computerized electromechanical dengan kapasitas 100 kN. Alat ini juga sudah dilengkapi dengan software yang dapat menunjang pengujian dengan menggunakan berbagai macam standar (code), antara lain: ISO 7500-1, ASTM E4, ASTM A730, ASTM D638, ASTM D790, ASTM E4, ISO 6892, ISO 7483, EN 10002-4, ASTM D1002, dan lain-lain. Tingkat ketelitian pembacaan perpindahan (displacement measuring accuracy) dari alat ini mencapai 0,5%.

2. Compressive Strength Machine

COMPRESSIVE STRENGTH AJ.jpg

Compressive strength machine atau yang biasa disebut alat uji tekan. Alat ini merupakan salah satu alat utama pada laboratorium teknologi bahan konstruksi. Alat ini berfungsi untuk menguji kuat tekan dari suatu material dimana material yang biasanya diuji adalah kuat tekan dari beton. Alat ini mempunyai kapasitas tekan hingga 2000 kN dan alat ini rutin dikalibrasi (setiap satu tahun sekali) dan mendapatkan sertifikat kalibrasi dari SUCOFINDO. Hal ini untuk menunjang ketelitian/keakuratan hasil pembacaan.